Memelihara Bebek di Belakang Rumah Lahan Sempit

Memelihara Bebek
Usaha ini sebenarnya bukan suatu usaha bisnis peternak bebek yang biaya besar, tetapi usahaku ini merupakan usaha sampingan saja. Karena usaha ini hanya sekedar mengisi waktu luang sepulang dari kerja, dari pada nganggur. maklum ingin mencari tambahan rezeki untuk anak istri. Postingan ini memang curhat saya selama ini memelihara bebek dibelakang rumah Menurut saya bebek atau itik adalah hewan ternak yang perawatannya sangat mudah. Karena itulah saya tertarik untuk mencobanya. Bebek yang saya pelihara adalah jenis Peking dan Jenis Mojosari.
Pemberian air minumpun tidak saya kasih campuran Vitamin seperti perternak ayam potong atau petelur. Kebetulan saya mempunyai lahan dibelakang rumah yang disitu sudah saya persiapkan sebagai pembuangan air limbah kamar mandi. Luasnya sisa tanah tidak seberapa , hanya sekitar 8 meter X 7 meter.  Kebiasaan itik yang suka dengan air, anak bebek dan bebek dewasa untuk mandi menyesuaikan kondisi cuaca saat panas, biar tidak stres dan tetap sehat. Cirinya adalah berat badan tumbuh normal dan nafsu makan yang sangat kuat. Padahal bebek yang saya pelihara adalah bebek apkiran yang dijual pedagang burung yang dijajakan yaitu bebek Peking saya campur dengan bebek Mojosari. Tapi hasilnya lumayan. Apa ya kira-kira kenyataanya ?

Yang perlu disiapkan antara lain :

1. Kadang ukuran  1 meter X 1,5 meter. ( DOD umur 1 ssmpai dengan 3 minggu )

    Kandang ini diperuntukan menampung anak bebek saat masih kecil (DOD ). dan tidak lupa                 kandang ini dilengkapi dengan bolam 15 watt atau sesuai kebutuhan. Lampu ini digunakan sebagai     pengganti induk bebek ( penghangat DOD ) agar tidak  mudah sakit atau mati tetap kondisi sehat.
    tidak lupa tempat minum dan baki / tampah tempat  makan.
    lantai dari tanah tetapi di beri alas rumput kering atau jerami.
Pakan : 511 selama 1 minggu, Diletakkan diatas baki agar DOD bisa naik untuk makan makanan             yang diatas baki atau bisa tampah. Setelah 3 minggu umur DOD 50% 511 dicampur 50% dedak           halus. Saya gk pernah nimbang berapa berat rata-rata pada Dod umur ke umur, Tapi pokoknya             gemuk besar.

2. Kandang terbuka ( Pembesaran )
    Kandang ini saya buat sesuai dengan kebutuhan dan kondidisi tanah pekarangan saya yang ada           dibelakan rumah / dapur. Yang disitu selalu ada air mengalir dari sisa atau limbah pembuangan air       mandi dan cuci. Yang sudah saya atur dengan bak penampung agar tetap airnya bersih. Karena           bebek menjelang dewasa paling suka dengan air. Bebek di kandang ini gak perlu lagi lampu                 sebagai penghangat badan, hanya lampu penerangan malam hari.
Pakan : Bebek  ditempat  pembesaran ini makanan hanya cukup dedak tanpa konsentrat 511. Dedak      dari penggilingan pabrik  yang harganya Rp. 2000 ,00 ( ini di tempat saya ). Bebek yang usia diatas    1 bulan ini sudah cukup kuat dan tidak mudah sakit. Kalau ada nasi sisa bolehlah dicampurkan,           jangan lupa kangkung atau sayur jika perlu, agar pertumbuhan menjadi lebih menyenangkan.               Bebek peking yang warna putih umur 2 bulan bobot rata-rata 2,5 kg, sedang yang bebek Mojosari       rata-rata 2 kg. Lumayankan. Memanfaatkan sisa lahan dibelakan rumah untuk pelihara bebek               sebagai penghasilan tambahan.
    Silakan mencoba jika anda berkenan.

Oleh : Taryono Pelabuhan Canggu
LihatTutupKomentar